Apa artinya ibadah???

Ibadah adalah sebuah bentuk rasa syukur kita kepada sang Khalik. Ibadah secara umum terbagi atas dua kelompok, yaitu ibadah ritual dan ibadah sosial. Ibadah ritual adalah ibadah yang langsung ditujukan kepada Allah SWT, sedangkan ibadah sosial yaitu bentuk ibadah yang tujuannya kepada sesama mahluk hidup baik manusia dengan manusia maupun manusia dengan alam.

Dalam hal ini kita tidak memfokuskan dalam membicarakan ibadah-ibadah yang dimaksud di atas tapi lebih pada makna dari ibadah itu sendiri. Jangan sampai kita melakukan ibadah tanpa kita mengerti tujuan dan maksud dari ibadah yang kita lakukan. Lebih khusus lagi kita akan membicarakan makna ibadah dalam kehidupan kita.

Banyak dari kita yang rajin melakukan ibadah tapi tak memiliki efek dalam kehidupannya kepada yang lebih baik. Ada istilah STMJ (Shalat Terus Maksiat Jalan), sebuah keadaan ironis yang terjadi di dalam kehidupan, bahkan sebuah survey yang dilakukan. Dari jawaban mereka ketika diajukan pertanyaan “Apakah mereka melaksanakan shalat lima waktu?”. Lebih 80 persen menjawab ya.  “Apakah mereka melaksanakan ibadah puasa”, hampir 95 persenan mereka menjawab ‘melaksanakan puasa’. Ini menunjukkan bahwa mereka semakin santri. Dan ketika di ajukan pertanyaan “Apakah mereka sering datang ke dukun?”, jawabannya hanya 5 persen. Atau malah kurang sekali. Itu menunjukkan bahwa kualitas keberagamaan kita ini di kalangan umat Islam makin santri. Tapi mengapa masyarakat semakin santri tapi kekerasan dan korupsi justru meningkat.

Untuk menanggapi hal di atas coba kita jawab pertanyaan berikut :

Apa guna ibadah ?

Apakah ibadah memiliki arti bagi kita, khususnya dalam kehidupan ?

Apakah ibadah membawa kita ke arah yang lebih baik ?

Dan mungkin masih banyak yang pertanyaan lainnya. Kita ambil contoh dari shalat. Tujuan umum dari shalat adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar. Ini memnimbulkan sebuah pernyataan yang “nyeleneh”, “tanpa mendirikan shalat saya sudah bisa mencegah perbuatan kaji dan mungkar”. Tentu ini sebuah hal yang “bahaya”.

Untuk itu kami mengajak rekan-rekan untuk membicarakan makna ibadah atau yang kita dapat/hasilkan dari ibadah berdasarkan pengalaman pribadi. Bukan bermaksud untuk riya atau pun pamer, tapi sekedar berbagi pengalan dan informasi yang berguna bagi kita semua.

Makna, guna, tujuandan dampak tentang ibadah terhadap kehidupan sehari-hari pada dasarnya kita pribadi lah yang merasakan dan mengetahuinya karena kita sendiri yang melakukan dan menjalaninya. Ibadah pada dasarnya tidak ada yang memberatkan. Jika ibadah terasa memberatkan bukan ibadahnya yang salah tapi ada yang salah pada diri kita.

Wallahualam (ad200203)

Published by andidarmawan80

a Regular People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: