Ingin Da’wah yang Damai

Bulan ini merupakan bulan Muharram, bulan awal dalam kalender Islam. Pada sabtu lalu di adakan acara Malam Dzikir dan Do’a sebagai peringatan pergantian tahun Islam. Yang bertempat di masjid ini dengan peserta yang cukup banyak hingga masjid ini terasa sangat kecil, karena banyak peserta.

Namun, pada bagian acara Tauziyah (ceramah) ada sedikitnya dua hal yang membuat ‘gelisah’ dan menebarkan ‘aroma’ permusuhan, dikarenakan pernyataan ustadz atau sang penceramah. Yang pertama pernyataan bahwa Amerika negara ‘kafir’ dan perang Iraq adalah perang agama.

Akan dibahas satu persatu atas keberatan pernyataan diatas tersebut. Pertama, Amerika negara ‘kafir’. Jelas ini sebuah pernyataan yang bernada provokatif. Akan terjadi kontradiksi (kondisi yang berlawanan) jika kita melihat realitas yang terjadi di sana (Amerika). Dimana Agama terbesar kedua di Amerika adalah Islam. Dengan adanya pernyataan seperti ini, lalu akan dikemanakan muslim-muslim di sana, atau mereka juga termasuk kafir? Pernyataan yang ‘berbau’ generalisasi atau menyamaratakan seharusnya tidak lagi perlu dilakukan.

Kita dihadapkan pada sebuah jargon atau propaganda Amerika bahwa Muslim sama dengan teroris. Jelas kita akan menolak hal ini, tidak ada dalam ajaran Islam untuk menjadi teroris. Kalau pun ada muslim yang terlibat terorisme itu hanya segelintir dan pembuktiannya belum jelas. Sekarang kita dengan sewenang-wenang mengatakan kalau Amerika negara ‘kafir’, seperti yang diungkapkan di atas bahwa warga Amerika banyak juga yang muslim seperti laiknya kita. Sebuah inkonsistensi atau ketidakcocokan, di saat menolak upaya generalisasi yang dituduhkan pada umat Muslim tersebut, tapi saat yang sama melakukan generalisasi. Sebuah bentuk ketidakadilan. Muslim menuntut ketidakadilan tapi di saat yang sama melakukan ketidakadilan, jika yang seperti ini terjadi apakah masih akan mengharapkan keadilan akan tercapai?

Memang ungkapan di atas sangat terasa pro Amerika. Maksud atas hal di atas adalah pandangan menyamaratakanlah yang dikritik. Paling tidak jika ingin melakukan kritik pernyataan haruslah lebih spesifik, karena itu tadi, tidak semua warga Amerika kafir. Dalam melihat sesuatu janganlah hanya dari satu sudut tapi juga kita melihat sudut atau posisi lain sehingga apa yang kita ungkapkan paling tidak lebih objektif. Sekali lagi kritik ditujukan pada pandangan menyamaratakan, hanya kebetulan di sini Amerika yang menjadi objek, hal ini juga berlaku bagi pemerintah Amerika yang mengaggap muslim adalah teroris.

Kedua, pernyataan perang Agama dalam perang Iraq. Warga Amerika yang menolak perang dan warga Indonesia yang ikut aksi menolak perang apakah mereka beragama Islam semua.  Paus Paulus ‘dedengkot’ Agam Katolik pun ikut menolak. Agama mana yang berperang jadinya? Sudah jelas perang yang terjadi perkara ekonomi dan penancapan hegemoni AS di Dunia Timur Tengah ataupun ambisi pribadi dari Bush. Analisis perang Agama yang dikatakan oleh ‘sang Ustadz’ belum teruji dan bernada provokatif. Jika memang benar ada indikasi ke arah situ, hendaknya dibeberkan argumen-argumen yang menguatkan, jangan asal bunyi. Karena hal ini menyangkut masalah Agama yang sangat sensitif. Seorang Ustadz akan lebih baik ‘membawa kedamaian’ bagi para pengikutnya bukan malah menyebar peperangan. Suara Ustadz akan didengar oleh umat.

Dengan segala permohonan maaf dan rasa hormat pada Ustadz tersebut, diharapkan hal ini dapat dijadikan sebagai sebuah koreksi bagi perjuangan Da’wahnya. Jelas bila dibandingkan dalam hal ilmu agama penulis jauh ketinggalan (penulis tau apa sih…) dengan Ustadz, bak bumi dan langit. Namun hal ini merupakan sebuah suara dari seorang yang menginginkan Da’wah yang lebih terasa damai. Demikian karena bukannya sesama Muslim wajib saling mengingatkan. Wallahualam.(ad25/03/03)

Published by andidarmawan80

a Regular People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: