Lalu, ada apa setelah “hajatan”…??

Hajat besar baru saja berlalu. Berjuta uang, berjuta tenaga dan pikiran terhambur untuk menyelenggarajan hajat besar itu. Bersama dengan hajat itu juga berjuta orang berharap, berjuta orang berangan. Perubahan menjadi lebih baik adalah harapan dan angan dari jutaan orang atas hajat yang baru saja berlalu. Beragam ekspresi muncul berbarengan dengan hajat besar itu, sebagian optimis, sebagian pesimis, dan banyak lagi yang biasa saja tanpa ekspresi.

 

Hajat merupakan tradisi bagi bangsa ini, juga mungkin umat manusia di dunia ini ketika sesuatu yang akan dirayakan. Di indonesia sendiri banyak hajat yang dilakukan, seperti adanya perkawinan, adanya khitanan, adanya kelulusan dan beberapa hal lain.

 

Hajat sendiri tak lebih sebagai bentuk perayaan dari sesuatu yang dianggap menggembirakan dan membanggakan. Atau ada juga yang menganggapnya sebagai bentuk syukur atas sesuatu yang di dapat atau tercapai. Dalam setiap hajat biasanya selalu melibatkan banyak orang untuk menyelenggarakan, juga banyak dana yang dibutuhkan. Hajat atau pesta atau seremoni mempunyai pengertian yang mirip.

 

Dan bangsa ini juga baru saja menyelenggarakan salah satu hajat besar, hajat demokrasi, katanya. Juga terlibat banyak orang, juga butuh dana yang banyak agar dapat terselenggaranya hajat tersebut. Sebagaimana halnya hajat yang sifatnya merayakan dan sementara saja, hajat demokrasi ini juga terasa seperti merayakan. Sebagaimana hajat, jika telah usai, maka keadaan pun kembali normal seperti sedia kala. Dan apakah hajat demokrasi yang baru saja lewat pun akan seperti itu, kembali normal seperti sedia kala. Apakah dengan bersama larutnya waktu, ikut larut pula angan dan harap. Dan apakah memang hajat demokrasi yang baru berlalu hanya sebuah pesta perayaan saja tanpa makna..?? (ad/120408)

Published by andidarmawan80

a Regular People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: