WARISAN…(Naskah Drama)

WARISAN….

Narator :

Di suatu daerah yang khas dengan akar budayanya,  hiduplah dua keluarga yang mempunyai hubungan darah. Sang kakak yang lelaki dan mempunyai adik seorang perempuan. Mereka masing-masing telah berkeluarga. Mereka mempunyai masing-masing satu orang anak. Nama anaknya Mat Sani dan yang satu lagi Jammy.  Keluarga tersebut mempunyai profesi sebagai tukang becak dan satunya lagi tukang ojek sepeda. Anaknya Masih sekolah SD. Hidup satu rumah peninggalan orang tuanya, yang kemudian rumah tersebut di sekat, untuk memisahkan kedua keluarga tersebut. Hubungan kedua keluarga mereka selalu diwarnai konflik-konflik kecil, ngga orang tuanya, ngga anak-anaknya. Anak-anak mereka,  walaupun sering terjadi konflik antar mereka tetapi selalu bermain bersama, dan hebatnya jika mereka punya ‘musuh’ yang sama mereka bersatu dan sangat kompak. Kedua keluarga tersebut tidak tahu, kalau sebelum Ayahnya meninggal dunia telah menitipkan warisan kepada seseorang yang nantinya akan dibagikan kepada mereka berdua,,,,,,mmmm,,,,begini ceritanya,,,,,ooiya….cerita ini hanya fiktif belaka….jika terdapat kesamaan tempat dan nama bukanlah unsur kesengajaan jadi maafin aja dan juga harap maklum…..yuk kita tonton….

Scene I

Setting : Halaman sekolah

Waktu : Pulang sekolah

Seperti biasa setiap harinya, kedua anak tsb pulang bersama, mereka satu kelas, dan lahirnya hampir berbarengan, karena orang tuanya melahirkan dan nikahnya pun hampir berbarengan – janjian kali yee….apa kawin massal???

(Mat Sani menghampiri Jammy yang lagi sendirian ngitungin kancing baju….)

Mat Sani :

Jem, ayo balik !! lagi ngapain sih lu ??

Jemmy :

Aku lagi mikir, mau ngasih tebakan ke kamu…..apa ya ?? oh iya….

Mat Sani :

Ahhh….apaan sih lu !? anak ingusan !! sok-sok mau ngasih tebakan ke gua, pasti jayus deh tebakan lu !?

Jemmy :

Yee….biar anak ingusan gini juga ada filmnya……udah, kamu bisa tebak ngga nih?? Mobil apa yang malu untuk disebutin??

Mat Sani :

Gampang, gua tau!! (lagu mobil mogok)

Jemmy :

Salah !!! jangan blagu deh kamu….yang bener mobilang kentut !?

Mat Sani :

Bbbehhh….norak!!! apaan tuh kaga nyambung….

(Datanglah salah satu teman mereka, untuk ngajak pulang bareng….)

Bule :

Temen-taman pada mau pulang bareng sama saya tidak ? Naik becak yuk…khan lebih enak naik becak dari pada jalan kaki….nanti…(lagu Naif –piknik ’72) gimana mau tidak ???

Mat Sani :

Kaga !! nanti kalo becaknya yang narik babe gue, keenakkan di elu kaga bayar….

Jemmy :

Iya…ikut aja bapak lu ini yang narik….

Bule :

Terserah kalian saja lah…aku sudah coba menawarkan kemudahan pada kalian…baik kalo begitu aku duluan….

Jemmy :

Yah…jalan lagi….udah yuk pulang laper nih….

Mat Sani :

Nanti dulu!? Gue juga punya tebakkan buat elu, gue ngga mau kalah dari elu, anak ingusan !!! nih tebak….kalo botaknya di depan orang bilang dia pinter….kalo botaknya di belakang orang bilang dia banyak mikir…..nah kalo botaknya depan belakang, apa namanya ??

Jemmy :

Ya…plontos namanya…kaya pak Ogah…

Mat Sani :

Ngasal…mikir dikit dong….kalo orang botak di depan di bilang pinter, kalo di belakang di bilang banyak mikir, nah kalo botaknya depan belakang, jawabannya, dia pikir dia pinter….bodoh lhu !!!

Jemmy :

Sama aja ama saya, jayus !!

Mat Sani :

Satu sama….yuk kita kemon…..

Narator :

Mereka pulang berjalan kaki lagi…..bersama, bergandengan sambil bercanda ria……sesampainya di pinggir jalan tak jauh dari sebuah taman, terdapat dua orang preman. Mereka sedang nongkrong. Tempat tersebut memang selalu jadi tempat tongkrongannya. Kerja memalak anak-anak sekolah. Kebetulan kedua anak tersebut melintasi tempat itu.  Mmmm…trus apa yang terjadi ya….bagaimana dengan nasib mereka ???

Scene II

Setting : Jalanan/pinggir jalan raya yang sepi, dekat taman.

Waktu : pulang sekolah

( Perut laper- P Project)

Preman I :

Coy….udeh sarapan lu ??

Preman II :

Udah….tapi belum minum susu…..

Preman I :

Minum susu??? Preman apaan lu, pake minum susu segala !? Preman itu minumnya bir…anggur…nah elu!? susu….cemen…

Preman II :

Eh…jadi preman itu taruhannya nyawa….dia khan mesti kuat….ya minum susu kalo mau kuat….emang kalo minum bir ama anggur bisa kuat ??? kalo semua preman pikirannya kaya elu, kaga ada yang sehat lah…..

Preman I :

Bener juga ya….minum susu biar kuat, tumben otak lu lurus….eh coy liat tu ada mangsa, kayanya tajir tuh…hhmmmm…..akhirnya jadi juga gua sarapan hari ini……

Preman II :

Iya…jadi juga gua minum susu…..

Preman I :

Di otak lu susu melulu !! Udah lu panggil sana…!

Preman II :

Jangan gue dong….gue takut…elo aja, tampang elo khan kaya preman…

Preman I :

Rese luh ! Ya udah ! punya badan keker…ngakunya preman…takut…..

Preman I :

Weh…lu bedua sini !!! sini!!! (jeda-keduanya menghampiri si preman…).

Jammy :

Ada apa ya ?? Siapa kalian ??

Preman I & II :

(lagu Tasya- Anak gembala )

Preman I :

Guoblok !! lu kaga liat dandanan gue ?? gue ini Preman !!!

Mat & Jammy :

Oh…preman…preman dia…hebat ya….bisa jadi preman….

Preman II :

Udah jangan banyak omong…mana sini duit lu !!

Mat Sani :

Duit ?? mane ada duit….liat aja kite bedua pulang sekolah jalan kaki….kalo ada duit mah…mendingan naik becak…

Jammy :

Iya…yang narik bapak kamu lagi…..

Preman I :

Kampret !!! masa ngga di kasih uang jajan ama babe lu ??

Jammy :

Kemaren, kita bedua abis nyatut duit bayaran…trus ketauan…ya sekarang lagi di hukum…ngga di kasih uang jajan….

Preman II :

Ya udah tas ama sepatu lu deh….

Mat Sani :

Nih ambil kalo mau….

Preman I :

Bener-bener kampret !! apaan nih kantong plastik !!

Preman II :

Sepatunya bolong lagi….

Preman I :

Sial!!! Udah pergi sana lu berdua !!!

Mat & Jammy : (Tasya – suka cita…sambil meledek )

(Tak lama kemudian datang lah tim Buser beserta kru TV untuk meliput penangkapan preman Lagu – Du Hast)

Buser I :

Jangan bergerak !!! kalian kami tangkap…karena melakukan tindakan kriminal…melakukan penodongan dan meresahkan warga….kalian akan di jerat dengan pasal 273 KUHP.

Preman I :

Apa-apaan ini pak ??? saya ngga nodong apalagi ngeresahin warga…..

Buser I :

Kamu ngelawan ?? (dor! ) bawa dia (menyuruh anak buahnya)

Preman I & II :

(Lagu Jaja Miharja-pak hakim dan pak jaksa) Ampun pak….(sambil digiring)

Reporter :

( menghampiri Buser) Pak kenapa pelaku sampai ditembak ??

Buser I :

Dia melawan..ya saya tembak….

Reporter :

Melawan ?? mencoba kabur begitu maksudnya ??

Buser I :

Tidak….mereka tidak mencoba kabur…mereka melawan omongan saya…untuk itu saya tembak dia…(meninggalkan reporter…)

Reporter :(menghadap ke kamera)

Pemirsa…berhati-hatilah….tindakan kriminal di kota ini semakin bertambah parah saja….juga berhati-hati terhadap polisi…jangan sampai melawan omongannya..nanti salah-salah bisa ditembak….(lagu Iwa K-Dapat terjadi) waspadalah !!! Waspadalah !!! kita kembali ke studio…silakan Eva….(theme song Buser kalo ada….)

Narator :

Ingin dapat duit malah masuk bui….itu lah nasib yang diterima oleh kelompok preman yang biasa mangkal d sekitar taman….mereka tertangkap oleh tim buser…

Scene III

Setting : Di teras rumah

Waktu : Keesokkan harinya, pagi hari

Narator : Saat pagi hari, awal hari untuk beraktivitas bagi kedua keluarga harmonis ini….setiap hari selalu saja ada cerita….tapi di pagi hari ini ada yang lain yang mengubah hubungan dari dua keluarga ini…..gara-gara berita yang dibawa oleh seseorang…apa ya beritanya ?? yuk mending kita ikutin ceritanya….

 

(Lagu dangdut…..)

Ma Mat Sani :

Ngapain sih lu….sok joget niru-niru kaya inul…..

Babe Sani :

Mau diomelin ama bang aji….

Mat Sani :

Masa jogetnya kaya gini, mana enak….(menirukan gayanya soneta)

(Benyamin-laki lagi ngidam)

(Lagu Naif-hai monas) (Jammy keluar…..)

Ma Jammy :

Udah sarapan kamu nak….

Jammy :

Udah mama….bagi uang jajan dong mah….

Ma Jammy :

Minta sama papah sana….

Mat Sani :

Jam….ayo brangkat…ntar telat dijemur lagi…

Jammy :

Pah…mah…do’akan Jammy agar berhasil dalam menuntut ilmu, dan Jammy bisa jadi orang yang diharapkan papah dan mamah….Brangkat dulu pah…mah….Assalamu’alaikum….

Pa dan Ma Jammy :

Walaikumsalam…hati ya nak….

Mat Sani :

Nyak…..(Benyamin-Minta Duit)

Ma Sani :

Uang mulu….!!! kaga ade!!! Duit bayaran aje elu mbat (sambil ngejewer…)

Mat sani :

(Benyamin-Di patil ikan sembilang)

Be..Nyak..sani brangkat ya…Assalamu’alaikum…

Babe dan Ma Sani :

Walaikumsalam…..

(kedua anak tersebut bergegas berangkat….lalu mat sani kembali lagi kerumahnya dengan buru-buru, untuk memberitahu kepada orang tuanya….)

Mat Sani :

Be…ada orang nyari tuh…..pakaiannya necis…..pake dasi segala lagi….Utang babe udah dibayar belum…siapa tau dia mau nagih lho…

Babe Sani :

Yang bener luh….eh ayo pada masuk!! (sambil mengajak yang lain) Ada yang mau nagih utang….

(Mat Sani kembali bergegas brangkat)

(masuklah si pengacara- lagu naif- Johan & Eny)

 

Pengacara : (logat batak )

Permisi…permisi….ada orang di rumah ini….saya bukan mau nagih utang…jangan pada takut….saya malah mau ngasih rezeki…..

Babe Sani :

Mmm…maaf saudare mencari siapa ya ??

Pengacara :

Benar ini rumah Pak Sabeni ??

Babe sani :

Ya..itu babe saye…ada apa ya???

Pengacara :

Saya ingin menjelaskan sesuatu…tapi saya harap seluruh keluarga Pak sabeni untuk berkumpul disini…

(seluruh keluarga keluar…)

Pengacara :

Apakah semua sudah berkumpul ?? Baiklah saya adalah seorang pengacara atau notaris…maksud kedatangan saya ingin menceritakan sesuatu….jadi pada suatu malam…waktu itu saya sedang sendiri di kantor…dan begini ceritanya….Pak Sabeni datang kepada saya untuk memberikan kuasanya kepada saya sebelum beliau meninggal. Untuk membagi warisan yang dimilikinya….

Ma jammy :

Apa itu ??? eh…tapi saya belum tahu siapa nama bapak ??

Pengacara :

Oh maaf…nama saya…Jon Pelit Tampangbloon…pengacara tenar, handal dan jaminan mutu…

Babe Sani :

Mmm….kaya obat nyamuk jaminan mutu….

Ma Sani :

Iya keliatan…pelit…celananmya aja cingkrang…trus tampangnya juga…bloon…

Pengacara :

Kalian bagaimana pula…mau ditolong malah menghina…ya sudah, saya pulang saja kalo begitu….

Pa Jammy :

Oh…jangan pak…trus warisannya gimana dong….maaf kan kami….

Pengacara :

Baik, lain kali jangan di ulangi ya….ada dua macam warisan….satu sepeda dan yang satu lagi tanah…menurut almarhum….untuk pembagiannya sesuai kesepakatan kalian…siapa yang mau sepeda dan siapa yang mau tanah…..

Babe Sani :

Mmmm…sebagai anak pertama…jelas sayalah yang berhak atas tanah warisan tersebut…

Ma Jammy :

Enak aja….tapi khan saya anak kesayangannya…abang biar anak pertama juga ngga disayang…jadi saya lah yang berhak….

(suasana kisruh…mereka saling berebut) (Benyamin-Kompor meleduk)

Pengacara :

Diam!!! Diam!!! Kok malah rame….kalau begini…mending kalian musyawarah dulu siapa yang berhak atas tanah dan sepedanya…besok lusa, sore hari saya akan kembali….dan telah ada kesepakatan dari kalian…permisi….oh iya…besok lusa tolong disediakan minum buat saya…saya disini khan tamu…masak ngga disuguhin apa-apa…

Narator :

Terjadi konflik antar kedua keluarga tersebut…gara-gara warisan…..yah….susah memang kalau sudah berurusan dengan yang satu ini…seringnya selalu berantem….berebut….padahal itu semua kan cuma pemberian belaka….bukan hasil sendiri….payah….

Scene IV

Setting : lapangan tempat bermain

Waktu : sore hari

Narator :

Biasa….masa kanak-kanak adalah masa yang indah…yang ada hanya bermain…bermain dan bermain…..begitu juga dengan kedua bocah ini….mereka juga senang bermain…..main apaan ya mereka ?? yuk kita intip…..

(Benyamin-Ondel-ondel)

Mat Sani :

Siapa dulu nih yang jalan…?

Tole :

Aku…awas……nih…..aduh….kok ngga kena sih padahal aku udah latihan dan minum milo setiap hari…..

Jammy :

Emang kamu latihan apa ??

Mat Sani :

Udeh buruan lu!! jalan sekarang!! anak ingusan….

Jimmy :

Iya…kamu bawel amat sih…takut kalah ya…..uhuy kena!!! Asoy….

Mat Sani :

Wah…curang lu !!! ngga bisa !! aci-aci….

Jammy :

Kamu ngga bisa gitu dong….dasar….bener apa yang dikatakan bule….ternyata kalau bermain, kamu selalu curang….aku tak sudi lagi bermain dengan mu….heh….

Mat Sani :

Eh…apa lu bilang….kata bule, elu tuh…kalo maen pasti curang….gue ngga percaya lagi ama lu!!!

Tole :

Eh…kalian gimana sih…Cuma mainan aja berantem…mana satu sodara….eh….tadi gua denger….kata bule-kata bule…jangan-jangan bule sengaja mau ngaduin elu bedua….

Jammy :

Iya juga…..gara-gara kemaren ngga mau ikut pulang bareng dia kali ya….

Mat Sani :

Wah…dasar bule….dari jaman dulu senengnya ngaduin orang aja…gue ngga bakal mau maen ama die lagi!!

(Bule dateng……)

Bule :

Hai teman-teman…..maen apaan sih ?? kalian mau maen bareng aku ngga??? Aku baru dibeliin PS tuh….asik deh…dari pada maen gundu, kotor semua..mau ngga ???

Jammy :

Maen PS san….yuk…ikut aja…dari pada disini…maen gundu…ntar kuku kita kena tanah, cacingan deh….

Mat Sani :

Lu tuh…cacingan…tapi boleh juga…nyoks….eh ikut sekalian ngga Le….??

Tole :

Ngga…bentar lagi mau bantuin emak..ngambil dagangan…

Jammy :

Terserah deh…kita cabut yuk….

(pada pergi….)

Tole :

Gimana sih mereka…tadi bilang sebel ama bule…diajak enak dikit buntutin…dasar plin-plan….

Narator :

Kedua anak itu akhirnya nunut si bule…walau sebelumnya mereka mengatakan tak akan main lagi sama bule….gara-gara di adu domba…tapi apa daya…saat diajak main PS yang jauh lebih modern di banding gundu mereka tergiur….mudah-mudahan sikap mereka bukan cerminan dari bangsa ini…plin-plan….kalo kata Mandra mesti punya prinsip dong….

Scene V

Setting : Ruang keluarga

Waktu : Pada malam hari

Narator :

Esok adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh kedua keluarga ini….pembagian warisan….di dalam rumahnya masing-masing keluarga saling mengatur strategi untuk mempersiapkan esok hari, penentuan warisan. Seru juga atur stategi mereka….mari kita perhatikan satu-satu mulai dari keluarga si Jammy lalu keluarga Mat Sani…..

Jammy :

Pah…mah…Jammy sudah selesai ngerjain PR sekarang mau tidur dulu….biar besok bisa bangun pagi….

Pa Jammy :

Selamat tidur ya nak….(lagu Naif-tidurlah)

Ma Jammy :

Gemana besok pah ?? kalo kita dapat sepeda betapa ruginya kita…sepeda ojek papah saja belom abis…..lagi pula….sepeda warisannya bisa ngga nanti buat narik….

Pa Jammy :

Iya mah…..seperti kata mamah….mamah sebagai anak kesayangan…sudah sepentasnya kalau tanah itu menjadi milik mamah…..kita ngga boleh begitu saja mengalah…..

Ma Jammy :

Tapi mereka juga pasti tak akan mengalah….abang Sani sebagai anak pertama pasti akan bertahan untuk mendapatkan tanah juga…..

Pa Jammy :

Kalo ngga mempan pake alasan kamu anak kesayangan…bilang saja…kita udah punya sepeda….sedang mereka belum….atau mending begini…kita ajak kerjasama tuh pengacara….nanti kita kasih bagian ke dia…beres khan….

Ma Jammy :

Bener juga pah…..papah yang ngomong ya…..

Pa Jammy :

Ok…udah malem, bobo yuk….

(di pihak lain……)

Babe Sani :

(nyanyi nina bobo-kaya iklan molto…..untuk menidurkan anaknya)

Ma Sani :

Bang udeh ah….tuh anak bukan tidur tapi pingsan….gara-gara bau mulut abang….

Babe Sani :

Eh…lu kurang ajar ya…..serba salah gua….kalo gua cuek…dibilang ngga perhatian ama anak…giliran begini…malah disangka bikin pingsan anak….trus gua harus ngapain baiknya….ya udah kalo gitu mending tidur sekarang (Benyamin-Lampu merah)

Ma Sani :

Apaan sih…mending ngurusin buat besok dulu….apa abang mau cuma dapet sepeda….paling-paling sepeda butut….sepeda jaman perang…..

Babe Sani :

Kaga…kita mesti dapetin tuh tanah…gua anak pertama…enak aja dia yang dapet….udah gampang besok mah….mending kita tidur…trus mimpi jadi juragan tanah…..dan elu kaga pake daster kumel kredit kaya sekarang ini lagi….baju harus baju yang bermerek…jangan sampe malu-maluin gue sebagai juragan tanah…..

Narator :

Tak ada yang mengalah rupanya…waktu tenggang yang diberikan juga tak berarti….masing-masing dari mereka masih terus bertahan memperjuangkan tanahnya masing-masing…eh…tanah Babe nya……

 

 

Scene VI

Setting : Teras Rumah

Waktu : Sore hari

Narator :

Inilah hari pamungkas, hari penentuan warisan, hari serah terima. Sungguh menegangkan….aroma permusuhan merebak….mereka seakan tak sadar kalo mereka sebenarnya satu keluarga…tinggal serumah….walau disekat…..tapi hanya karena warisan…yah…begini jadinya…..bagaimana ya akhirnya ?? Siapa nanti yang dapet tanah ???

 

(Babe Sani nunggu….sambil kilik kuping…lagu Benyamin-kilik Kuping)

(yang lainnya keluar…..menanti bersama)

Pengacara :

Permisi….Wah…….kelihatannya sudah pada siap…..sudah ada kesepakatan ?? oh iya….jangan lupa suguhan buat saya….jangan kaya kemarin….ngga di suguhin apa-apa….eh malah pada ribut sendiri…..

Babe Sani :

Tuh…lu buka….ketutupan koran….

(membuka tutup makanan Lagu Gethuk)

Pa Jammy :

Pak pengacara…bisa kita bicara sebentar empat mata….

Pengacara :

Waduh…..tidak bisa pak…..saya tahu maksud bapak….saya pengacara profesional, perlu diingat….saya juga punya integritas yang kuat….lagi pula saya orangnya tidak suka ikut tren….sekarang khan lagi trennya KKN….

Babe Sani :

Ape lagi tuh….ada tambahan warisan lagi….??

Pengacara :

Wah…sekolah dulu pak biar ngerti…

Babe Sani :

Wah….sombong lu ya……emang nyari ilmu cuma dari sekolah……gua rasa lu bisa lulus juga karena lu hebat nyonteknya…iya khan…

Pengacara :

Ahh…sudah…itu bukan hal penting…..sebelumnya saya ingin kita sepakat dulu…sekarang ngga ada satu hal yang gratis….begitu juga saya…..saya disini bekerja…dan berhak menerima imbalan….kita sekarang sepakati dulu imbalan buat saya…..dan pembagian pembayarannya…..

Ma Sani :

Kalo gua dapet tanah…..berape juga gua bayar….. sekalian gue beliin celana baru biar ngga cingkrang, trus ama operasi muka lu biar kaga keliatan bloon….

Pengacara :

Baik….saya sebagai pengacara atau notaris yang hebat dan handal….dan salah satu pembela dari mantan presiden…..saya punya tarif tertentu…..tapi untuk kalian saya pasang yang paling rendah saja….1 juta bagaimana……

Ma Jammy :

Mahal amat…

Pa Jammy :

Tenang mah….kalo kita dapet tanah…jangankan sejuta….dua ember duit receh juga kita kasih…

Pengacara :

Ok…kalau sudah sepakat….sekarang saya akan bertanya tentang kesepakatan kalian….siapa yang berhak atas tanah ??

Semuanya :

Saya !!!

Pengacara :

Yang berhak atas sepeda??

Semuanya :

Dia !!!

Pengacara :

Gemana sih ini…kok semuanya sama….

Babe Sani, Ma Jammy, Ma sani dan Pa Jammy saling sahut-sahutan….saya….saya…

Pengacara :

Stop!! Stop!! Begini…saya tawarkan cara untuk menentukakannya…dari pada ribut ngga kelar-kelar…..kedua belah pihak ditentukan dengan melakukan, suit !!! ya bagaimana ?? Ini cara modern dan ampuh dalam menyelesaikan konflik…tak akan ada korban jiwa…..

Babe Sani :

Suit !? wah…dari kecil kalo di suruh suit gue kalah terus…mending elu aja gih….(menyuruh Ma sani)

Ma Jammy :

Saya yang maju ya pah….dulu kecil….mamah dijuluki ratu suit….

Pengacara :

Ok…

(lagu Project Pop-tuwagapat) (sampai tiga kali)

Ma Sani :

Hore…..bang kita menang !!!

(Benyamin-yang paling enak)

Babe Sani :

Wah…lu bener-bener hebat….makanya gue pilih elu jadi istri gue…..jago suit..!

(Benyamin-hujan gerimis)

Pa Jammy :

Ya sudah lah….mau dikata apa…cup-cup-cup….

Pengacara :

Ya….kalo sudah begini….khan jelas semuanya….sekarang pada tekan nih….dan jangan lupa komisi buat saya….

Babe Sani :

Aduh-duh…(pulpennya nyolok kemata)

Ma sani :

Apa-apaan sih bang….

Babe Sani :

Biar lucu….kaya di srimulat….

Babe Sani :

Lu mau minta apa sekarang…??

(ngambil warisannya…..)

Pengacara :

Nih…sepedanya….sepeda BMX canggih….tapi ngga bisa buat narik pa…..dan ini tanahnya….

Babe Sani :

Apaan nih….tanah cuma sekantong plastik gini….ini buat nanem pu’un di pot…..lu jangan korupsi dong !!!

Pengacara :

Apanya yang korupsi…ya itu yang dititipin ama Pak Sabeni…..ngga saya tambahin apalagi saya kurangin….

Ma Sani :

Gemane jadi juragan tanah,  kalo cuma punya satu plastik gini…..

Pengacara :

Ya sekarang masalah komisi saya….gimana cara bayarnya….

Pa Jammy :

Gemane mau bayar…tuh sepeda harganya aja, ngga nyampe sejuta…

Babe Sani :

Kaga ada bayaran dah buat lu…..kalo lu mau tanahnya, gih lu ambil aja sono….

Pengacara :

Yah….apes….kerja ngga di bayar…amal lagi saya deh…..tapi tidak apa, saya ikhlas ….yang penting kalian harus pada rujuk lagi….hubungan kalian sebagai saudara jangan sampai putus….baru hubungan satu keluarga aja udah berantem, bagaimana bangsa ini bisa bersatu….

Babe sani :

Bener…maafin gue ya….kita bedua masih saudara kandung…kalo kita bedua trus berantem gimana ama babe yang ada disana…ngeliat anaknya yang cuma dua kaga rukun (nyamperin Ma Jammy)

Ma Jammy :

Iya bang….maafin saya juga ya…..

 

Babe Sani :

Kita sekarang mesti rukun…..kaga ada lagi permusuhan diantara kita….

Pengacara ;

Nah….begitu khan adem…..ada Warisan yang lebih penting lagi….yaitu warisan perjuangan dari para pahlawan….kita semua punya kewajiban untuk meneruskan perjuangan mereka….

(Sherina-persahabatan)

Narator :

Yah…begitu deh akhir cerita ini….warisan bukan buat rebutan….warisan ada, karena yang mewarisi bertujuan agar yang diwarisi dapat lebih baik hidupnya…bukan malah pada berantem…dan benar apa yang di katakan oleh pengacara…warisan yang lebih penting adalah warisan perjuangan….kita harus bersama bersatu untuk membangun bangsa ini agar lebih baik…mencapai bangsa yang adil dan makmur…..MERDEKA……sampai jumpa dilain waktu bersama Teater Rumah Kosong……salam damai…….

 —-SELESAI——–

2003

Published by andidarmawan80

a Regular People

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: